Halaman

Kamis, 31 Mei 2012

Gajah inkarnasi seorang Raja - Bhagawata Purana

CERITA TENTANG SANG GAJAH
Ada sebuah pegunungan yang indah bernama Trikuta. Gelombang samudra menyentuh kaki gunung ini. Di pegunungan ini terdapat hutan yang lebat. Dan di hutan itu tinggallah raja gajah. Ia menguasai semua binatang di hutan ini.


Suatu kali, gajah ini pergi ke sebuah telaga di mana di telaga itu terdapat banyak buaya. Sesampainya di sana, para buaya menangkap kaki sang gajah. Dan meskipun berusaha keras untuk membebaskan diri, namun ia tetap tidak mampu. 

Gajah-gajah yang lain juga tidak ada yang datang membantu. Gajah dan buaya ini bergulat selama seribu tahun. Ketika seribu tahun berlalu, sang gajah mulai kelelahan, meskipun buaya masih kuat mencengkeramnya.

Sang gajah mulai berdoa pada Wiûóu. Wiûóu kemudian menampakkan diri dan memotong mulut buaya itu dengan Sudarúana cakranya. Namun tiba-tiba tampak suatu keanehan di mana buaya itu berubah menjadi seorang gandharwa. 

Ia bernama Huhu dan dikutuk oleh seorang åûi agar menjadi seekor buaya. Dan sang åûi telah mengatakan bahwa ia akan diselamatkan dari kutukan itu oleh Wiûóu. Dan sekarang semua itu telah terjadi. 

Sebenarnya, gajah itu sendiri sebelumnya adalah seorang raja bernama Indradyumna. Beliau juga telah dikutuk oleh seorang åûi agar lahir menjadi seekor gajah. Indradyumna juga dibebaskan dan kemudian menjadi pelayan Wiûóu.

Demikianlah bahwa Wiûóu akan selalu menyelamatkan siapa saja yang memohon dan memujanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar