Halaman

Selasa, 08 Mei 2012

AGNI PURANA

Agni Puràóa

Agni Puràóa atau Àgneya, dinamakan demikian karena dianggap merupakan wejangan Sang Hyang Agni kepada Maharûi Vasiûþha. Puràóa ini menggambarkan inkarnasi (Avatàra) Sang Hyang Viûóu. di antaranya adalah Úrì Ràma dan Úrì Kåûóa, dan tidak dapat diragukan lagi sejalan dengan ceritra Ràmàyaóa, Mahàbhàrata dan Harivaýúa. 


 Sekalipun mulai dengan pemujaan kepada Sang Hyang Viûóu, secara garis besar merupakan Puràóa yang bersifat Úivaistik dan menguraikan secara mendalam tata cara pemuja mistis dari sebuah Liòga (phallus) dan pemujaan kepada dewi Durgà. Tetapi Bab-bab di dalamnya tidak kurang membahas kosmologi, geneologi dan geografi yang merupakan karakteristik dari kitab-kitab Puràóa. 

Adapun karateristik istimewa dari kitab Puràóa ini adalah karakter ensiklopedisnya. Kitab ini benar-benar menguraikan  bermacam-macam hal. Di dalamnya kita menemukan pengetahuan astronomi dan astrologi, tentang perkawinan dan upacara kematian, tanda-tanda dan isyarat-isyarat, konstruksi rumah dan kebiasaan-kebiasaan hidup sehari-hari lainnya, dan juga mengenai politik (nìti) dan seni memajukan kesejahtraan, hukum ( sangat dekat mengikuti kitab hukum karya Yàjñavalakya), tentang obat-obatan, prosody (persajakan), puisi-puisi dan bahkan mengenai tata-bahasa. 

Termasuk bermanfaat untuk abad ini,  ensiklopedi yang dikandungnya luar biasa, bagian-bagian secara mendetail tidak mungkin dikatakan, sekalipun karya itu sendiri berisi bermacam-macam hal yang beraneka, ada banyak Màhàtmya di dalamnya, seperti halnya  naskah-naskah yang serupa, yang merupakan bagian-bagian tertentu  yang dapat dimasukkan ke dalam  Agni Puràóa, tetapi tidak ditemukan di dalam naskah-naskah karya itu sendiri.

Baca juga :
1. Agni Puràóa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar